Sejarah AMIK-YPAT Purwakarta


Di Tahun 1982,  telah berdiri sebuah Lembaga Pendidikan dengan nama Education Istitute BEC-INDONESIA dengan pendiri  Bapak Drs. John Dien, Th, SH dan menyelenggarakan jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Akuntansi, dan menjahit  yang  masih berlangsung hingga sekarang. Perkembangan teknologi yang  pesat mendorong Lembaga Pendidikan ini menyelenggarakan kursus computer, dimana dalam perjalanannya minat masyarakat untuk mempelajari bidang  komputer terus meningkat.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, maka pada tahun 1991 didirikan Akademi Komputer Akuntansi Indonesia (AKAI) dengan Program Studi Komputer Akuntansi. Akan tetapi program studi ini tidak berlangsung lama, dan kemudian berubah menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) – YPAT yang saat itu belum memiliki ijin pendirian sehingga masih menginduk pada AMIK Bumi Nusantara Cirebon. Status ini berlangsung sampai dengan pertengahan tahun 1998.  

Kemudian di tahun 1998 berdasarkan SK Mendiknas Nomor : 149/D/O/1998 AMIK-YPAT diberikan ijin untuk menyelenggarakan pendidikan Program Studi Manajemen Informatika jenjang program Diploma 1 ( D1) dan jenjang program Diploma 3 (D3).

AMIK – YPAT Purwakarta lahir dari prakarsa dan keinginan luhur para pendiri untuk andil dalam rangka ikut mencerdaskan anak bangsa seperti yang tertuang dalam UUD 1945 dan yang diamanatkan oleh GBHN.

Dengan demikian terbukanya hubungan antar Bangsa ( Era Globalisasi), Peranan pendidikan menjadi makin penting. Hal ini terkait dengan adanya tuntutan terhadap kualitas sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang tinggi serta wawasan yang cukup luas guna mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keinginan dan prakarsa itu juga timbul melihat perkembangan industry serta perkembangan dunia usaha yang begitu marak di wilayah Purwakarta. Keadaan ini menuntut perlu tersedianya tenaga Ahli Madya Komputer. Kebutuhan tenaga ahli yang memiliki keterampilan tinggi dan wawasan yang cukup luas tersebut dipenuhi melalui jalur Pendidikan Tinggi Diploma III.